Powered By Blogger

Minggu, 22 Mei 2011

2 PEKAN PASCA BANJIR BANDANG DI KECAMATAN CIBALONG KABUPATEN GARUT

2 PEKAN PASCA BANJIR BANDANG
DI KECAMATAN CIBALONG KABUPATEN GARUT
Secara keseluruhan pasca banjir bandang yang menimpa Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat khususnya Desa Karyamukti hampir 70 % normal-normal saja khususnya di Desa Karyamukti dan desa yang lainnya, tetapi bagi warga yang tertimpa musibah banjir bandang di Desa Karyasari Khususnya di KP. Sarimukti/Kp. Cibarengkok, Kp. Cibera dan sekitarnya masih dihantui dengan rasa was-was dan truma, terutama yang berada di kawasan terjadi banjir bandang apalagi yang rumahnya dan barang-barang tersungkur terbawa arus air yang deras secara mendadak.
Bagi Desa Karyamukti yang menjadi rasa takut khususnya Kp. Babakan Nangka/Kp. Cibaregbeg adanya banjir dari sungai Cisangiri karena datarannya sangat rendah menurut ukuran kawasan yang rawan kebanjiran untuk setiap musim hujan. Hamper setiap tahunnya daerah ini (Kp. Babakan nangka) menjadi langganan air bah yang meluap dari Sungai Cisanggiri. Apalagi pada musim pancaroba seperti ini semua warga yang tinggal di kawasan kampung tersebut setiap malamnya dirundung dan dihantui rasa ketakutan apalagi musim yang tidak menentu kadang siangnya cuaca cerah ternyata sore harinya secara tiba-tiba/mendadak turun hujan yang deras, tetapi walaupun keadaan seperti yang saya paparkan di atas, warganya tetap bertahan dan sabar karena tidak ada tempat/lahan yang mereka punyai selain tanah yang ditempatinya itu.
Saya yakin dengan ketabahan dan ketawakalan semua warga dan didukung oleh pemerintahan terkait, maka bencana yang pernah terjadi dapat diantisipasinya dengan baik walaupun tidak seoptimal sesuai dengan yang diharapkan oleh semua warga.
Maka saya menghimbau kepada semua pembaca artikel ini, khusunya kepada yang berkompeten dengan bebetulan saja diantaranya Dinas Sosial untuk memberikan bantuan diantaranya membuat dam berupa boronjong yang nantinya bisa meninimalisir korban-korban bencana banjir walaupun belum pernah terjadi korban jiwa alangkah baiknya kita sedia paying sebelum hujan.
Khusus kepada TAKA mahasiswa UNPAD yang akan melaksanakan Program KKN di Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong kami tunggu dengan senang hati, mudah-mudahan dengan kedatangan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tersebut dapat menjembatani bantuan-bantuan dimulai dari sekarang dan untuk seterusnya. Mudah-mudahan kita semua dapat perlindungan dari-Nya, dan dijauhkan dari mara bahaya dan bukan bencana sebagai siksaan dari Maha Pencipta Alam dan segala isinya ini.
Akhir kata, mohon maaf artikel ini kami buat, hanya semata-mata mencurahkan rasa simpati terhadap dareah saya sendiri agar lebih nyaman, tentram, aman dan lebih maju sesuai dengan program pemerintah. Sebagai mana pepatah mengatakan “Dimana kita berpijak, Disitu pula langit harus dijunjung”.
dibuat oleh :(http:/www.bunyamin.cibalong.com), pada Minggu, 22 Mei 2011 pukul 21.50 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar