Powered By Blogger

Senin, 23 Mei 2011

DESA KARYAMUKTI KECAMATAN CIBALONG MENANTIKAN INVESTOR

DESA KARYAMUKTI KECAMATAN CIBALONG MENANTIKAN INVESTOR
Segelintir atau sebagian paradigma/tokoh masyarakat khususnya yang berada di Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut beranggapan bahwa kampung yang tidak tertinggal itu kampung yang banyak menerima bantuan dari pemerintah baik itu bantuan/sumbangan dari pemerintah pusat, propinsi ataupun pemerintahan kabupaten, diantaranya bantuan raskin jangan sampai tersendat, PNPM, pertanian, peternakan, lumbung, dan sejenis koperasi lainya diantaranya LKM (Lembaga Keuangan Mikro).
Bahwa pandangan di atas itu adalah merupakan suatu anggapan yang keliru kalau dilihat dari segi pembelajaran untuk mendidik warga masyarakat yang sebenarnya, padahal yang lebih baik warga yang berada di daerah pedesaan khususnya Desa karyamukti Kecamatan Cibalong alangkah baiknya pemerintah setempat memberikan penyuluhan untuk warganya dengan tujuan supaya warganya itu hidup secara mandiri tanpa tergantung terhadap sumbang atau bantuan-bantuan yang sifatnya membuat warga menjadi malas dan tidak untuk berdikari (berdiri dikaki sendiri).
Menurut wilayah dan geografi yang ada di Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong sangat memungkinkan bahwa masyarakat berbuat secara swadaya karena lahan atau wilayah yang ada sebagian besar adalah tanah/lahan tidur yang sesungguhnya sangat potensial, karena kurang pembinaan atau penyuluhan dari pemerintah maka semua kegiatan yang dilakukan sebagian besar tidak berhasil karena tidak terprogram secara terpadu.
Alangkah baiknya kalau pemerintah mengarahkan menurut program yang telah dirancang, maka parapetani yang notabene berada di Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong mulai dari penanaman, pemerliharaan, memetik hasilnya sampai dengan adanya penampungan pemasaran, hal ini akan dapat dirasakan secara maksima oleh para petani itu sendiri.
Contoh Potensi yang Berada di Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong
1. Peternakan, adanya lahan yang potensial untuk mengambil rumput karena berdekatan dengan perkebunan.
2. Pertanian, lahan sawah dan lahan kebun petani yang sangat cocok
3. Pengangguran, banyaknya lulusan SLTP dan SLTA yang tidak bekerja
4. Akses jalan yang memungkinkan, lalulintas transportasi berada dijalan jalur utama yang menghubungkan antar kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya
5. Akses lintas Instansi sangat dekat karena berada di pusat ibu kota Kecamatan Cibalong.
Semua potensi di atas sampai saat ini masih tersendat karena tidak adanya investor yang dapat menampung, membina, dan pemasaran hasil dari semua warga.
Alangkah bahagianya apabila ada invertor yang mau datang untuk membangun Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong, akhirnya akan dapat meminimalisir kesulitan dari berbagai bidang.
Ingat : Untuk meningkatkan tarap kemajuan itu bisa dilihat dari 3 segi yaitu dari segi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.
Apabila dari ketiga segi pilar di atas sudah matang maka akan lebih maju masyarakat Desa Karyamukti Kecamatan Cibalong, dan sebaliknya apabila tidak ditopakng oleh ketiga segi tadi maka jangan harap tarap kamujaun di Desa Karyamukti akan terbukti.
Kurang dan lebihnya mohon maaf hal ini hanya sekedar curahan hati semata melihat dari kenyataan  penulis ang ada, dan sering pengalaman dengan Sdr. Peri Rianto, S.Pd.I (pengelola LKM Kp. Cibaregbeg Desa  Karyamukti Kecamatan Cibalong).
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar